Warga Putat Durei Membaca Buletin Panutung Tarung

Buletin Panutung Tarung

Sejak November 2018 lalu, Yayasan Borneo Instiitute secara resmi menerbitkan Buletin Dwibulanan "Panutung Tarung" yang disebarkan kepada seluruh anggota kelompok tani dan kantor-kantor pemerintah desa di Manuhing Raya.

"Panutung Tarung" diharapkan menjadi media komunikasi yang efektif dan berguna sebagai sumber informasi di masyarakat yang tengah mengalami minimnya sarana informasi dan telekomunikasi.

Harapan yang lebih besar dari diterbitkannya buletin ini yaitu seperti nama yang diberikan, Panutung berarti "pemantik", sementara Tarung berarti "pejuang/petarung" dengan demikian melalui berita/informasi yang dimuat dalam buletin sederhana ini diharapkan menjadi pemantik api semangat dan membangkitkan mental-mental pejuang/petarung untuk mencapai kesejahteraan orang Dayak dan daerahnya atau disebut dalam bahasa Dayak yaitu "Manggatang Utus & Lewu".

Adapun motto/slogan dalam buletin ini ialah "Mampalawa Bulan Andau Pambelom Utus" yang filosopinya memperkuat arti dari nama buletin yang diberikan.

Saat ini, telah beredar Buletin Panutung Tarung edisi ke-2 yang mengangkat topik utama "Petani Balajar Guang Pasar". Ada pula liputan hasil kegiatan pembibitan & informasi kebudayaan serta tulisan humor. Sejauh ini, dalam setiap liputannya dilakukan oleh staf Yayasan Borneo Instititute sendiri, namun kedepannya diharapkan masyarakat luas/aparat desa pun dapat membubuhkan karyanya dalam buletin ini dan dinikmati oleh para pembaca.


Ayo Hapakat Manggatang Utus & Lewu. Ela laya yo ela laya.

(penulis : Maria Vaskalina, Community Officer)