Tentang Kami

BERANDA / Tentang Kami

Visi: "Mewujudkan Kemandirian Bagi Masyarakat Dayak"

Misi: "Mencerdaskan Kehidupan Kebudayaan Masyarakat Dayak"

Borneo Institute adalah organisasi yang didirikan oleh anak-anak muda dayak di Kalimantan Tengah pada tahun 2006 yang pada waktu itu masih berbentuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Hingga Tahun 2014 Borneo Institute Menjadi sebuah Yayasan. Borneo Institute sering kali aktif dalam kegiatan-kegiatan advokasi, sosial, lingkungan, budaya dan pendidikan seperti mendorong terbentuknya Hutan Pemuda, Ekspedisi di Hutan Kalawa, Kerjasama dengan SMKS Mandomai, Mendorong Hutan Desa Kalawa, Mengadakan Perlombaan Balap Alkon dalam Rangka Hari Air Sedunia. Hingga sekarang saat Borneo Institute sudah menjadi yayasan pun tetap sama hanya kelembagaannya saja yang berevolusi dari LSM menjadi Yayasan.

Borneo Institute sejak tahun 2014 meluncurkan program 1jtpohon dalam perkembangannya program ini mengikutsertakan masyarakat petani yang berada di 3 kecamatan kabupaten Gunung Mas yaitu, Manuhing, Manuhing Raya dan Rungan Barat dengan jumlah petani dampingan hampir mendekati 1000 Orang dan Kelompok Tani berjumlah 16 yang tersebar di tiga kecamatan. Pendampingan tersebut meliputi pembentukan dan pemberdayaan kelompok tani, menanam sayur, buah, sengon, jabon, dan kayu lokal lainnya.

Para pendiri Borneo Institute memang berasal dari berbagai profesi yang tentunya perduli terhadap masa depan orang dayak, lingkungan dan tanah air di Kalimantan Tengah. Dengan tekad yang kuat Borneo Institute berorientasi pada penelitian dan pemberdayaan masyarakat dan kelompok tani.

Dengan pendampingan yang terus menerus diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dayak khususnya yang berprofesi sebagai petani untuk bisa mandiri dan sejahtera.

• Menanam pohon banyak jenis (multi species) utamanya yang punya nilai ekonomi tinggi.
• Tidak menjual lahan selama mengikuti program 1jtpohon.
• Tidak merubah fungsi lahan.
• Menanam pohon sengon (albasia) serta jenis kayu lainnya yang memulihkan dan menyuburkan tanah.




Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah


Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah


Brot Fur Die Welt


Ayo Bergabung Bersama Kami